POST TERBARU

ILMU NEGARA, OBJEK DAN HUBUNGANNYA

Gambar
  ABSTRAK   Ilmu negara merupakan salah satu mata kuliah terpenting di seluruh dunia untuk memperkaya pengetahuan di bidang urusan negara. Makalah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif kepada mahasiswa tentang ilmu kenegaraan, meliputi istilah, definisi, objek, dan hubungannya dengan disiplin ilmu lain. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan kajian hukum normatif dengan pendekatan integrasi keilmuan. Temuan penelitian ini menyoroti pentingnya pemahaman konsep ilmu kenegaraan, khususnya bagi mahasiswa hukum, karena konsep tersebut merupakan landasan dalam mempelajari Hukum Tata Negara. Tanpa pemahaman yang kuat tentang ilmu kenegaraan, kita tidak akan mampu memahami sejarah, asal usul, hakikat, dan evolusi pemikiran kenegaraan secara universal.. Kata Kunci : Ilmu Negara, Mata Kuliah, Istilah,Pengertian,Objek Ilmu Negara           ABSTRACT State science is one of the most important subjects throughout the world to enrich knowledge in the field of state affairs. This

PELAKSANAAN PELATIHAN DAKWAH



A.    Tahapan Pelaksanaan Pelatihan Dakwah
Setelah diadakan check ini peserta, pembagian bahan-bahan dan penempatan penginapan peserta, maka kegiatan pelaksanaan pelatihan dimulai. Diawali dengan pembukaan, proses dan penutupan.
1.      Pembukaan : mengawali pelaksanaan
2.      Proses belajar dalam pelatihan
3.      Penutupan

B.     Memantapkan Persiapan Belajar
Selama pelaksanaan pelatihan diperlukan kesiapan dan kesediaan pihak penyelenggara untuk mengadakan penyesuaian bila memang perlu. Agar dapat diadakan penyesuaian yang tepat dan dilakukan pada waktu yang tepat juga. Untuk itu hendaknya ada upaya penyesuaian yang dapat dilakukan.

C.    Mencermati Materi Pelatihan Dakwah
Materi pelatihan dakwah merupakan jawaban dari masalah yang diahadapi para peserta. Oleh karena itu, materi pelatihan dakwah erat kaitannya dengan tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pelatihan dakwah tersebut.
Tujuan pelatihan dakwah dijabarkan rinciannya ke dalam suatu kurikulum. Kurikulum dijabarkan lagi ke dalam silabi. Silabi dijabarkan lagi kedalam jadwal.

D.    Mencermati Pelatih dalam Pelatihan Dakwah
Seorang pelatih diharapkan yang memiliki kualitas diri. Diantara kualitas tersebut adalah : mampu memahami peserta belajar, mampu menempatkan iklim positif dalam proses belajar mengajar, mampu menampung pengetahuan dan bakat peserta, mampu meningkatkan teknik mengajar dan menfasilitasi proses belajar mengajar, mampu menghargai dan bersimpatik kepada mereka yang berusaha keras, mampu mencintai dan berkompeten dalam bidang studinya.

E.     Membangun Pelatihan Dakwah Efektif
Pelaksanaan pelatihan dapat dikatakan efektif apabila :
1.      Pelaksanaan pelatihan selaras dengan kebutuhan pserta pelatihan .
2.      Peserta pelatihan merasakan bahwa dengan mengikuti pelatihan, kebuthhan yang dirasakan terpenuhi
3.      Peserta tidak merasakan tekanan pada saat pelatihan
4.      Peserta dapat mengolah dan menyimpulkan sendiri isi pelatihan
5.      Praktis dalam penerapannya .



Komentar

POPULER

PROSES PENYUSUNAN PESAN KOMUNIKASI

HAKIKAT MANUSIA DALAM DAKWAH

PERGERAKAN DAKWAH PP. BUSTANUL WILDAN CILEUNYI BANDUNG