POST TERBARU

ILMU NEGARA, OBJEK DAN HUBUNGANNYA

Gambar
  ABSTRAK   Ilmu negara merupakan salah satu mata kuliah terpenting di seluruh dunia untuk memperkaya pengetahuan di bidang urusan negara. Makalah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif kepada mahasiswa tentang ilmu kenegaraan, meliputi istilah, definisi, objek, dan hubungannya dengan disiplin ilmu lain. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan kajian hukum normatif dengan pendekatan integrasi keilmuan. Temuan penelitian ini menyoroti pentingnya pemahaman konsep ilmu kenegaraan, khususnya bagi mahasiswa hukum, karena konsep tersebut merupakan landasan dalam mempelajari Hukum Tata Negara. Tanpa pemahaman yang kuat tentang ilmu kenegaraan, kita tidak akan mampu memahami sejarah, asal usul, hakikat, dan evolusi pemikiran kenegaraan secara universal.. Kata Kunci : Ilmu Negara, Mata Kuliah, Istilah,Pengertian,Objek Ilmu Negara           ABSTRACT State science is one of the most important subjects throughout the world to enrich knowledge in the field of state affairs. This

dampak negatif penyiaran media televisi

DAMPAK NEGATIF PENYIARAN MEDIA TELEVISI PADA REMAJA MASJID JAMI’ DARUL ULUM KADU CURUG TANGERANG

Makalah

Tugas ini diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi dengan dosen pengampu Karlina Nurjannah, M.I.Kom



Disusun Oleh :
Abidah Khoirun Nizami
1154030001





JURUSAN MANAJEMEN DAKWAH
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UIN SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2016










BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi disegala bidang yang dapat kita saksikan sekarang ini berkembang pesat. Salah satu perkembangan dan kemajuan bidang teknologi komunikasi adalah semakin maraknya dunia pertelevisian, oleh sebab itu munculnya teknologi komunikasi pertelevisian dewasa disatu sisi membawa dampak negative dan membawa dampak positif.
Kehadiran televise ini tidak hanya dinikmati oleh masyarakat tertentu atau golongan usia saja , tetapi teknologi sudah menarik perhatian sebagian besar masyarakat baik dari golongan deasa, remaja maupun anak-anak.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa dampak negative dari media televise pada remaja Masjid Jami’ Darul ‘Ulum ?
2.      Usaha-usahan apa yang dilakukan para Pengurus Ikatan Remaja Masjid Darul ‘Ulum untuk mengantisipasi pengaruh negativ media televisi?



BAB II
KAJIAN PUSTAKA
            Dikalangan para ahli komunikasi disepakati bahwa keberadaan media komunikasi massa di era globalisasi informasi ini, salah satunya berupa media televise telah membawa dampak yang sangat besar bagi umat manusia. Bagaimana tidak ? televisi dengan berbagai keunggulannya, telah menjadikan dunia yang luas ini terasa menjadi sempit, karena dengan adanya media televise umat manusia bisa mengakses informasi dari belahan dunia yang berbeda dalam waktu yang bersamaan. Dampak dari makin majunya teknologi komunikasi massa berupa televisi ini, ada yang bersifat positif (baik) dan bersifat negative (buruk).
            Secara lebih spesifik penelitian ini ditujukan untuk mengetahui betul atau tidaknya, adanya dampak negative dari penyiaran media televise pada remaja masjid Darul ‘Ulum.
            Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa saai ini media televise sudah sangat digandrungi oleh seluruh lapisan manusia (dari anak-anak sampai orang tua) khususnya remaja, yang sering kita sebut berada pada masa transisi, masa peralihan dari masa anak-anak menuju dewasa. Dan pada masa inilah individu mengalami berbagai macam kegoncangan yang diakibatkan oleh cepatnya pertumbuhan dan perkembangan fisik dan psikis yang tidak seimbang, dorongan naluri seksual, dan belum adanya kepastian masa depan serta prinsipnya msih bisa berubah-ubah dan juga kecenderungan manusia (remaja) untuk selalu ingin meniru (mengidentifikasi) apa yang ia lihat dan dengar khusunya dalam media televise.
            Penelitian ini menggunakan metode deskriptif atau studi lapangan. Sumber data diperoleh dari hasil penelitian di lapangan, yang berhubungan dengan dampak negative penyiaran media televise pada remaja Masjid Jami’ Darul ‘Ulum.
            Dari pengkajian data-data ternyata kehadiran media televise ditengah-tengah kita (masyarakat) dapat menimbulkan dampak yang negative, berupa penjadwalan kembali (rescheduling) kegiatan remaja sehari-hari, bermalas-malasan dan lain sebagainya. Negative tidaknya media televise sebenarnya tergantung kepada orang yang menggunakan media televise tersebut.














BAB III
PEMBAHASAN
A.    Dampak Negatif Media Televisi Pada Remaja Masjid Jami’ Darul ‘Ulum
Kehadiran media televisi ditengah-tengah Ikatan Remaja Masjid Jami’ Darul ‘Ulum sangat berpengaruh sekali terhadap kegiatan-kegiatan mereka sehari-hari,hal ini juga menurut ketua Ikatan Remaja Masjid Darl ‘Ulum yaitu Ahmad Yani, S.H. bahwa kehadiran televise sebagai media informasi dalam hal ini yang berhubungan dengan remaja yaitu suatu media  yang berguna untuk penambahan wawasan dan pengetahuan bagi remaja itu sendiri (berita atau informasi-informasi yang positif) sehingga dalam mengisi aktifitas-aktifitas IRSYAD, mereka tidak ketinggalan informasi dan bisa berfikir luas istilahnya tidak seperti katak dalam tempurung, sedangkan dari negatifnya adanya film-film barat yang ditanyangkan dalam televise, memang tidak semuanya tapi kadang ada film-film yang memperlihatkan gaya hidup orang barat yang tentu saja tidak sesuai dengan budaya orang timur, akan tetapi itu tergantung pada pribadi masing-masing, sejauh mana orang itu bisa memfilter budaya luar yang masuk. Hal ini bisa terjadi karena adanya kecenderungan pada remaja untuk meniru atau mengidentifikasi para pelaku yang ada di film atau televisi, jadi disini ada proses modeling.


B.     Upaya-upaya Para Pengurus IRSYAD Jami’ Darul Ulum dalam Menanggulangi Dampak Negatif Penyiaran Media Televisi
Setelah kita melihat, bahwa kehadiran televisi ditengah-tengah Ikatan Remaja Masjid Jami’ Darul ‘Ulum ada dampak negatifnya maka untuk meminimalisasikan atau kalau bisa smapai meniadakan dampak negative penyiaran media televisi pada Remaja Masjid (IRSYAD) para pengurus IRSYAD dan dewan keluarga Masjid Jami’ Darul ‘Ulum mengadakan upaya-upaya atau usaha-usaha kea rah tersebut diantaranya :
1.      Diadakannya pertemuan secara rutin (1 bulan sekali) untuk memecahkan masalah yang ada pada masyarakat
2.      Mengadakan pengajian dengan kaum bapak-bapak (1 bulan sekali)
3.      Mengadakan kegiatan social
Sedangkan menurut ketua IRSYAD sendiri yaitu Ahmad Yani, S.H. usaha-usaha yang dilakukan untuk meminimalisasikan dampak negative penyiaran media televisi dikalangan angota IRSYAD yaitu mengimbanginya dengan kegiatan-kegiatan rohaniyah seperti, pengajian-pengajian sehingga mereka disadarkan kembali bahwa apa yang ia terima, dia lihat jangan langsung ditelan begitu saja tetapi harus difilter terlebih dahulu, sesuai dengan budaya kita atau tidak. Disamping itu pengajian-pengajian keagamaan akan mencegah remaja kita keluar dari rel yang tidak semestinya.


BAB IV
KESIMPULAN
Dari seluruh pembahasan masalah yang diuraikan, yaitu tentang Dampak Negatif Media Televisi Pada Remaja Masjid Jami’ Darul’Ulum dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut :
1.      Ada tidaknya pengaruh media televisi akan bergantung sekali terhadap orang atau individu yang menggunakan media televisi tersebut.
2.      Remaja akan selalu bermalas-malasan jika mereka terlalu banyak menghabiskan waktunya dengan menonton televisi.
3.      Kehadiran televisi kita jadikan sebagai alat yang mampu menyampaikan berbagai pesan, nilai-nilai yang terkandung dalam Islam demi tersiarnya Islam dimuka bumi ini.
4.      Kehadiran media televisi membawa dampak yang negative bagi para remaja khusunya, umunya bagi seluruh lapisan masyarakat yang menggunakan, dan memanfaatkanya media televisi tersebut.








DAFTAR PUSTAKA
Mulyana, Dedi. 1997. Bercinta dengan Televisi. Rosda Karya. Bandung
Haddad, Muna. 1994. Hati-hati Terhadap Media yang Merusak Anak. Gema Insani Press. Jakarta
Subroto, Darwanto. 1995. Televisi Sebagai Media Pendidikan. Duta Wacana University Press. Yogyakarta


Komentar

POPULER

PROSES PENYUSUNAN PESAN KOMUNIKASI

HAKIKAT MANUSIA DALAM DAKWAH

PERGERAKAN DAKWAH PP. BUSTANUL WILDAN CILEUNYI BANDUNG