POST TERBARU

ILMU NEGARA, OBJEK DAN HUBUNGANNYA

Gambar
  ABSTRAK   Ilmu negara merupakan salah satu mata kuliah terpenting di seluruh dunia untuk memperkaya pengetahuan di bidang urusan negara. Makalah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif kepada mahasiswa tentang ilmu kenegaraan, meliputi istilah, definisi, objek, dan hubungannya dengan disiplin ilmu lain. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan kajian hukum normatif dengan pendekatan integrasi keilmuan. Temuan penelitian ini menyoroti pentingnya pemahaman konsep ilmu kenegaraan, khususnya bagi mahasiswa hukum, karena konsep tersebut merupakan landasan dalam mempelajari Hukum Tata Negara. Tanpa pemahaman yang kuat tentang ilmu kenegaraan, kita tidak akan mampu memahami sejarah, asal usul, hakikat, dan evolusi pemikiran kenegaraan secara universal.. Kata Kunci : Ilmu Negara, Mata Kuliah, Istilah,Pengertian,Objek Ilmu Negara           ABSTRACT State science is one of the most important subjects throughout the world to enrich knowledge in the field of state affairs. This

TATA CARA ZIARAH KUBUR





A.    Ziarah Kubur dalam Islam
Ziarah kubur adalah aktivitas mengunjungi kuburan seseorang yang sudah meninggal dan didalamnya terdapat aktivitas mendoakan mereka yang sudah meninggal tersebut. Beberapa ditambahkan pada aktivitas menaburkan bunga atau menyiramkan air diatas tanah kuburan.
            Pelaksanaan ziarah kubur dalam islam dilaksanakan dan menjadi kebiasaan saat menjumpai bulan Ramadhan atau Idul Fitri. Hal ini sebetulnya tidak wajib dilakukan saat waktu tersebut. Siarah kubur dapat dilaksanakan kapan saja dan tidak terikat waktu tertentu. Walaupun sering dan menjadi kebiasaan, ziarah kubur tentu bukan ibadah yang bersifat wajib dan berdosa jika tidak dilakukan. Ritual ini memiliki keutamaan dan hikmah bagi mereka yang dapat memahami maknanya.

B.     Hikmah Ziarah Kubur
Sering kali, tanpa mengunjungi ziarah kubur manusia terlena dengan kehidupan dunia, sedangkan ia tidak mengingat akan adanya kematian. Dengan ziarah kubur, setidaknya manusia akan mengingat bahwa dirinya secara jasad akan terurai tanah sedangkan jiwa atau ruh nya akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah SWT. saat alam pengisaban nanti.

C.    Pelaksanaan dan Tata Cara Ziarah Kubur
Agar ritual ziarah kubur dapat memberikan hikmah sekaligus sarana manusia sebagaimana orientasi dari ziarah kubur. Maka ada pelaksanaan dan tata cara yang perlu diingat dilakukan. Berikut adalah tata cara ziarah kubur :
a.       Membacakan Salam
Rasulullah mengajarkan untuk mengucapkan salam ketika masuk ke dalam kuburan :
الَسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ يَاأهْلَ اْلقُبُوْرِ مِنَ المْسْلِمِيْنَ وَالمُؤْمِنِيْنَ يَغْفِرُ اللهُ لَنَا وَلَكُمْ أَنْتُمْ سَلَفُنَا وَنَحْنُ إِنْشَاءَ الله بِكًمْ لاَحِقُوْنَ



b.      Tidak duduk diatas kuburan dan menginjaknya
“ Janganlah kalian shalat (memohon) kepada kuburan, dan janganlah kalian duduk diatasnya” (HR. Muslim)
      Hadits ini melarang agar tidak shalat atau meminta apapun dikuburan pada mayit, termasuk duduk diatasnya. Hal ini meghindari manusia beribada pada kuburan dan berubah orientasi pelaksanaan ziarah kubur.

c.       Tidak memohon pertolongan atau bantuan pada mayit
Allah SWT. memerintahkan manusia untuk meminta pertolongan langsung pada Allah dan akan mengabulkannya sebagaimana kehendaknya. Meminta pertolongan dan bantuan pada mayit atau kuburan akan membuat manusia bisa bergeser penyembahannya atau pengagungannya bukan lagi pada Allah melainkan pada mayit atau kuburan.


Semoga kita semuanya senantiasa mengingat kematian dan hari kiamat, serta digolongkan Allah SWT. sebagai orang-orang yang beruntung karena kehidupan dunia yang sibuk untuk akhirat. Memperbanyak mengingat kematian dan ritual ziarah kubur menjadi hal yang bijak jika dapat menjadikannya sebagai ritual untuk meningkatkan keimanan serta persiapan diri menuju kemarian yang khusnul khatimah.

Komentar

POPULER

PROSES PENYUSUNAN PESAN KOMUNIKASI

HAKIKAT MANUSIA DALAM DAKWAH

PERGERAKAN DAKWAH PP. BUSTANUL WILDAN CILEUNYI BANDUNG